Kumpulan Resep Spesial Masakan Padang, Jawa, Sunda, Betawi, Batak, Masakan Tradisional dan Internasional

Makanan Minuman Favorit dibulan Puasa Ramadhan

Makanan Minuman Favorit dibulan Puasa Ramadhan

Ada beberapa makanan dan minuman yang keberadaanya identik dengan bulan puasa. Beberapa menu ini sebetulnya sering kita jumpai pada bulan-bulan biasanya, namun pada saat bulan Ramadhan tiba, makanan dan minuman ini menjadi banyak dicari orang. Berikut makanan dan minuman favorit pada bulan puasa.


Kolak

Kolak merupakan kuliner khas Indonesia yang selalu jadi primadona saat bulan Ramadhan tiba. Kolak sering menjadi makanan manis saat berbuka puasa. Isian kolak sendiri cukup bervariasi di setiap daerah, seperti kolak dengan isian pisang, kolang-kaling, nangka, singkong, ubi, dan masih banyak lagi. Walaupun dengan isian yang bervariasi, namun semua rasa kolak hampir sama yaitu manis dan gurih.

Kurma

Makanan yang berasal dari Timur Tengah ini selalu menjadi primadona saat bulan Ramadhan. Kurma biasanya sebagai makanan pembuka saat berbuka atau sahur, bahkan bagi beberapa orang, kurma sudah menjadi buah yang wajib ada saat berbuka. Selain memiliki rasa yang manis dan legit, kurma juga menyediakan banyak nutrisi untuk tubuh.

Timun suri

Timun suri adalah buah yang dijual musiman, terutama di bulan Ramadhan. Hampir sama dengan blewah, timun suri memiliki rasa manis yang segar dan biasa diolah menjadi komponen dalam minuman. Selain khasiatnya yang bisa melegakan dahaga, timun suri juga mengandung kalium yang tinggi sehingga sangat bermanfaat menjaga kesegaran tubuh saat bulan puasa.

Blewah

Blewah menjadi salah satu buah khas Ramadhan. Blewah yang disajikan menjadi es blewah tentu menjadi minuman menyegarkan yang bisa menghilangkan dahaga selepas seharian berpuasa. Dengan rasanya yang manis dan menyegarkan, blewah menjadi minuman istimewa saat berbuka puasa. Tidak salah jika Anda mengkonsumsi buah blewah saat berbuka puasa, karena selain rasanya yang enak, kandungan nutrisinya pun banyak. Buah sejenis dengan melon ini kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan.

Es cendol/es dawet

Siapa tak kenal es cendol atau juga biasa disebut es dawet. Minuman manis yang terbuat dari tepung beras yang dicetak dengan saringan khusus dilengkapi dengan kuah santan dan gula kelapa ini biasa diminum saat cuaca sedang panas. Dan saat Ramadhan seperti sekarang ini, es cendol menjadi kuliner primadona yang kerap dihidangkan ketika berbuka puasa.

Teh Manis. 

Minuman yang satu ini boleh dibilang merupakan minuman nasional, dapat dengan mudah dijumpai dijumpai di seantero Indonesia. Es teh manis menyegarkan atau teh manis hangat bisa menjadi pembuka untuk mengisi perut setelah seharian tidak diisi. Mantap, menyegarkan, dan merakyat.

Es Pisang Ijo.

Es yang satu ini merupakan sajian asli dari daerah Makasar, Sulawesi Selatan. Berbahan dasar pisang dengan balutan adonan tepung berwarna kehijauan, warna hijau didapat dari daun pandan atau air daun suji. Dicampur dengan es yang menyegarkan, es pisang ijo ini bisa menjadi menu mantap pilihan menjelang berbuka puasa.

Es Kacang Merah. 

Rasa manis, legit, segar, serta sehat dengan paduan kacang merah yang penuh gizi dan menyehatkan ini berasal dari Manado. Tampilan warna merah kacang yang dipadu dengan santan dan es serut terlihat begitu menggoda. Bisa juga ditambahkan serutan daging kelapa muda di dalamnya.

Es Kopyor. 

Es nikmat untuk pelepas dahaga, setelah seharian berpuasa, menyegarkan tenggorokan dengan es yang satu ini pastinya mantap! Tidak ada keterangan jelas darimana es yang satu ini, tetapi yang jelas es ini termasuk selera nusantara. 

Es Teler. 

Menurut beberapa sumber, es teler diciptakan di Jakarta oleh seorang pedagang es campur gerobak di tahun 1980an. Campuran berbagai macam buah seperti apel, pepaya, melon, alpukat, juga agar-agar, dan campuran lainnya. Penampilannya sekilas mirip dengan es campur. Mantap dan menggoda selera.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by siji wae, Published at 10.57 and have